KEKUASAAN DAN PENGARUH
A. Definisi Kekuasaan
Kekuasaan adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh pada orang 
lain; artinya kemampuan untuk mengubah sikap atau tingkah laku individu 
atau kelompok. Kekuasaan juga berarti kemampuan untuk mempengaruhi 
individu, kelompok, keputusan, atau kejadian. Kekuasaan tidak sama 
dengan wewenang, wewenang tanpa kekuasaan atau kekuasaan tanpa wewenang 
akan menyebabkan konflik dalam organisasi.
B. Sumber-sumber Kekuasaan
    – Kekuasaan yang bersumber pada kedudukan (Position)
     -Kekuasaan yang bersumber pada pribadi (Personal)
     -Kekuasaan yang bersumber pada politik (Political power)
C. Definisi pengaruh
Keberadaan pengaruh dalam suatu kepemimpinan memiliki andil yang 
besar, yaitu dalam hal menyampaikan gagasan, mendapatkan penerimaan dari
 kebijakan atau rencana dan untuk memotivasi orang lain agar mendukung 
dan melaksanakan berbagai keputusan yang sudah di tetapkan. Jika 
kekuasaan merupakan kapasitas untuk menjalankan pengaruh, maka cara 
kekuasaan itu dilaksanakan berkaitan dengan perilaku mempengaruhi. Oleh 
karena itu, cara kekuasaan itu dijalankan dalam berbagai bentuk perilaku
 mempengaruhi dan proses-proses mempengaruhi yang timbal-balik antara 
pemimpin dan pengikut, juga akan menentukan efektivitas kepemimpinan.
D. Pengaruh Taktik Organisasi
Jenis-jenis spesifik perilaku yang digunakan untuk mempengaruhi 
dapat dijadikan jembatan bagi pendekatan kekuasaan dan pendekatan 
perilaku mengenai kepemimpinan. Sejumlah studi telah mengidentifikasi 
kategori perilaku mempengaruhi yang proaktif yang disebut sebagai taktik
 mempengaruhi, antara lain :
1)      Persuasi rasional
2)      Permintaan inspirasional
3)      Konsultasi
4)      Permintaan pribadi
5)      Pertukaran
6)      Taktik koalisi
7)      Taktik pengesahansumber :
- Badrudin, Dr. M.Ag. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.
 - Sukoco, Badri Munir. (2007). Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Jakarta: Erlangga.
 - Tangkilisan, Drs.Hessel Nogi S. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: PT. Grasindo.
 - Umar, Husein. (2000). Business An Introduction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Media.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar