KEKUASAAN DAN PENGARUH
A. Definisi Kekuasaan
Kekuasaan adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh pada orang
lain; artinya kemampuan untuk mengubah sikap atau tingkah laku individu
atau kelompok. Kekuasaan juga berarti kemampuan untuk mempengaruhi
individu, kelompok, keputusan, atau kejadian. Kekuasaan tidak sama
dengan wewenang, wewenang tanpa kekuasaan atau kekuasaan tanpa wewenang
akan menyebabkan konflik dalam organisasi.
B. Sumber-sumber Kekuasaan
– Kekuasaan yang bersumber pada kedudukan (Position)
-Kekuasaan yang bersumber pada pribadi (Personal)
-Kekuasaan yang bersumber pada politik (Political power)
C. Definisi pengaruh
Keberadaan pengaruh dalam suatu kepemimpinan memiliki andil yang
besar, yaitu dalam hal menyampaikan gagasan, mendapatkan penerimaan dari
kebijakan atau rencana dan untuk memotivasi orang lain agar mendukung
dan melaksanakan berbagai keputusan yang sudah di tetapkan. Jika
kekuasaan merupakan kapasitas untuk menjalankan pengaruh, maka cara
kekuasaan itu dilaksanakan berkaitan dengan perilaku mempengaruhi. Oleh
karena itu, cara kekuasaan itu dijalankan dalam berbagai bentuk perilaku
mempengaruhi dan proses-proses mempengaruhi yang timbal-balik antara
pemimpin dan pengikut, juga akan menentukan efektivitas kepemimpinan.
D. Pengaruh Taktik Organisasi
Jenis-jenis spesifik perilaku yang digunakan untuk mempengaruhi
dapat dijadikan jembatan bagi pendekatan kekuasaan dan pendekatan
perilaku mengenai kepemimpinan. Sejumlah studi telah mengidentifikasi
kategori perilaku mempengaruhi yang proaktif yang disebut sebagai taktik
mempengaruhi, antara lain :
1) Persuasi rasional
2) Permintaan inspirasional
3) Konsultasi
4) Permintaan pribadi
5) Pertukaran
6) Taktik koalisi
7) Taktik pengesahansumber :
- Badrudin, Dr. M.Ag. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.
- Sukoco, Badri Munir. (2007). Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Jakarta: Erlangga.
- Tangkilisan, Drs.Hessel Nogi S. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: PT. Grasindo.
- Umar, Husein. (2000). Business An Introduction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar