Minggu, 21 Oktober 2012

Artikel Komunitas Online, Polarisasi Kelompok, Kelompok Kerja Virtual

KOMUNITAS ONLINE

Secara istilah kata komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang berasal dari kata dasar communis yang artinya masyarakat, publik atau banyak orang. Sedangkan komunitas online merupakan sekumpulan pengguna internet yang memiliki tujuan, hobi atau kesamaan lain dan membentuk suatu wadah dengan menggunakan internet.

Beberapa contoh komunitas online, yaitu :
  • Facebook
Facebook merupakan suatu jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 oleh Facebook, Inc. Di dalam facebook para pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan dan kesamaannya. 
  • Twitter
Twitter merupakan suatu jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., pada tahun 2006. Para penggunanya dapat mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets) dalam bentuk teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
  •  Kaskus
Kaskus yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, merupakan situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999, dan dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 4,5 juta pengguna (disebut dengan Kaskuser) terdaftar, yang umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia. Di dalam kaskus terdapat beberapa forum yang dibagi berdasarkan kegunaannya masing masing, seperti LOE-KE-LOE, FORUM JUAL BELI, dan lain sebagainya.
Daftar pustaka :
  • http://dayabisnis-online.blogspot.com/2009/02/bergabung-dengan-komunitas-online.html
  • http://dfootballoverz.blogspot.com/2012/10/komunitas-online-merupakan-bisnis.html
  • http://carapedia.com/pengertian_definisi_online_info2193.html
  • http://aryowidiantoko .blogspot.com/2012/06/review-beberapa-komunitas-online-di.html

POLARISASI KELOMPOK



Polarisasi adalah kecenderungan ke arah posisi yang ekstrem. Sedangkan kelompok adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut (Deddy Mulyana, 2005). Polarisasi kelompok adalah gejala mengumpulnya pendapat kelompok pada satu pandangan tertentu. Polarisasi Kelompok adalah intensifikasi dari suatu pre-existing awal kelompok pilihan ( Baron et al. 1992 : 73). Fenomena polarisasi kelompok adalah kecendrungan kelompok yang menyebabkan orang mengubah keputusan mereka, baik ke arah yang lebih teliti, atau lebih mengandung resiko. Bila sebelum diskusi kelompok para anggota mempunyai sikap agak mendukung tindakan tertentu, setelah diskusi mereka akan lebih kuat lagi mendukung tindakan itu. Sebaliknya, bila sebelum diskusi para anggota kelompok agak menentang tindakan tertentu, setelah diskusi mereka akan menentang lebih keras. Pengaruh (pengkutuban) polarisasi kelompok, seringkali keputusan yang dibuat kelompok lebih ekstrim dibandingkan keputusan individu. Hal itu disebabkan karena adanya perbandingan sosial. Tidak semua orang berada di atas rata - rata. Oleh karena itu untuk mengimbanginnya perlu dibuat keputusan yang jauh dari pendapat orang tersebut.
 
Daftar pustaka :
  • http://adiprakosa.blogspot.com/2007/12/pengertian-komunikasi-kelompok.html
  • http://www.scribd.com/doc/49511857/DASAR-perilaku-kelompok
  • http://ciielsie.blogspot.com/2012/10/polarisasi-kelompok.html
  • http://filzaicha.blogspot.com/2012/10/psikologi-dan-teknologi-internet.html

KELOMPOK KERJA VIRTUAL

Kelompok Kerja adalah kelompok yang terutama berinteraksi untuk membagi informasi dan mengambil keputusan untuk membantu tiap anggota dalam bidang tanggung jawabnya. Sedangkan virtual adalah sebuah dunia komunikasi berbasis komputer yang menawarkan realitas baru. Jadi kelompok kerja virtual adalah kelompok kerja yang menggunakan teknologi komputer untuk menyatukan anggota-anggota yang terpisah secara fisik guna mencapai tujuan bersama. Sejumlah orang dimungkinkan untuk berkolaborasi secara online menggunakan jaringan komunikasi internet, telekonferece, atau email. Baik mereka terpisah dengan jarak yang jauh atau pada saat keadaan telah mendesak. Modus kerja seperti itu sudah umum dan sejak lama terjadi pada industri hiburan, dengan dibentuknya sebuah organisasi semu selama penanganan suatu proyek, yang kemudian bubar setelah proyek tersebut selesai dikerjakan. Menurut para pengamat dunia kerja, ini akan menjadi standard dunia kerja masa depan. Team kerja virtual bisa sangat luwes dan terampil karena memang dipimpin oleh siapa saja yang memiliki keahlian dan keterampilan yang paling diperlukan dalam penanganan suatu proyek. Bukan oleh seseorang yang kebetulan menduduki jabatan manager dalam perusahaan. Kelompok kerja khusus sekarang makin disukai oleh banyak perusahaan. Ini dikarenakan kemampuan mereka dalam menggali kemampuan-kemampuan yang sebelumnya tersembunyi dan menjadi muncul ke permukaan melalui acara-acara bebas untuk berbincang dan bertukar informasi atau gagasan. 
Tiga faktor yang membedakan kelompok kerja virtual dengan kelompok kerja yang bertemu secara lansung adalah:
  1. Ketiadaaan isyarat-isyarat paraverbal dan nonverbal
  2. Konteks sosial yang terbatas
  3. Kemampuan untuk mengatasi keterbatasan waktu dan ruang

Daftar Pustaka :
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Tim#Tim_virtual
  • http://www.wattpad.com/912797-pko-fondasi-kelompok-dan-kerja-tim?p=9
  • http://prokimal-online.blogspot.com/2011/12/team-kerja-virtual-dan-dunia-kerja-masa.html
  • http://ellopedia.blogspot.com/2010/09/kelompok-kerja.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar